Pengaruh Islamic Parenting dan Coping Stress terhadap Motivasi Berprestasi pada Remaja

Dewi Aryani, Dewi Trihandayani

Abstract


Remaja merupakan masa dimana mereka belum dapat dikatakan dewasa namun sudah bukan lagi anak-anak. Emosi dan tindakan remaja yang masih belum stabil membuat setiap orang tua melakukan satu hal dengan menerapkan pola asuh. Salah satunya pola asuh Islami. Pola asuh Islami adalah suatu kesatuan yang utuh dari sikap dan perlakuan orang tua kepada anak, baik dalam mendidik, membina, membiasakan, dan membimbing anak secara optimal untuk mendapatkan kasih sayang dan ketulusan orang tua sehingga tumbuh dan berkembang dengan baik. Ketika remaja sedang mempersiapkan diri untuk ujian sekolah. Remaja pasti akan mengalami stress yang menganggu motivasi berprestasi mereka di sekolah. Mereka kehilangan minat dan konsentrasi. Mereka mengatasi stress yang terjadi dengan melakukan coping stress.

Teknik pengambilan sampel penelitian dengan accidental sampling. Instrument data yang digunakan yaitu skala Islamic parenting, skala Coping Stress dan skala Motivasi Berprestasi. Analisis data menggunakan teknik analisis multiple regresi. Hasil perhitungan menggunakan teknik analisis multiple regresi, diperoleh R sebesar 0,304. Hal ini berarti Islamic parenting dan Coping Stress dapat digunakan sebagai prediktor untuk memprediksi motivasi berprestasi pada remaja. Tingkat signifikansi p-value 0,001 (p<0,005) menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Islamic parenting dan Coping Stress terhadap Motivasi Berprestasi pada remaja. Analisis data menunjukkan nilai R Square sebesar 0,092. Angka tersebut mengandung pengertian bahwa dalam penelitian ini, Islamic parenting dan Coping Stress memberikan sumbangan efektif sebesar 9,2% terhadap motivasi berprestasi pada remaja. Hal ini berarti masih terdapat 90,8% faktor lain yang mempengaruhi motivasi berprestasi pada remaja.

Full Text:

PDF

References


Anwar, Q. (2003). Manajemen Stres. Jakarta: P.T Al-Mawardi Prima.

Azka, N. (2014, April 15). Berita Kabar Solo. Retrieved from www.wartasolo.com: http://www.wartasolo.com/2014/04/15/2227/peserta-ujian-nasional-masuk-rsj-diduga-stres.html

Carver, C. S., & Scheier, M. F. (1989). Assesing Coping Strategies: A Theoritically Based Approach. Personality and Social Psychology, 56(2), 267-282.

Ekasari, A., & Yuliana, S. (2012). Kontrol Diri dan Dukungan Teman Sebaya dengan Coping Stress pada Remaja. Jurnal Soul, 5(2), 55-66.

Hamzah, H. (2014, Mei 13). Kekerasan Negara terhadap Dunia Pendidikan. Retrieved from www.herdi.web.id:http://www.herdi.web.id/kekerasan-negara-terhadap-duniapendidikan/

Hawadi, R. A. (2006). Psikologi Perkembangan Anak Mengenal Sifat, Bakat, dan Kemampuan Anak. Jakarta: PT Grasindo.

Hidayat, M. (2013). Profil Komitmen Belajar Peserta Didik dan Implikasinya bagi Layanan Dasar Bimbingan dan Konseling (Studi Deskriptif terhadap Pesertas didik kelas X SMA PGRI 1 Bandung Tahun Ajaran 2012/2013.

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Mesarini, B. A., & Astuti, V. W. (2013). Stres dan Mekanisme Koping terhadap Gangguan Siklus Menstruasi pada Remaja Putri. Jurnal STIKES, 6(1), 31-42.

Muallifah. (2013). Storytelling sebagai Metode Parenting untuk Perkembangan Kecerdasan Anak Usia Dini. Psikoislamika, 10(1), 98-106.

Nevid, J. S., Rathus, S. A., & Greene, B. (2005). Psikologi Perekembangan. Jakarta: Erlangaa.

Pramadi, A., & Lasmono, H. K. (2003). Koping Stres Pada Etnis Bali, Jawa, dan Sunda. Indonesian Psychological Journal, 18(4), 326-340.

Prayascitta, P. (2010). Hubungan antara Coping Stress dan Dukungan Sosial dengan Motivasi Belajar Remaja yang Orangtuanya Bercerai . SKRIPSI.

Rahmawati, S. W. (2015). Islamic parenting: Solusi Komprehensif terhadap Permasalahan Remaja. National Conference on Islamic Psychology, (pp. 5-6). Yogyakarta.

Sepfitri, N. (2011). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Motivasi Berprestasi Siswa MAN 6 Jakarta. SKRIPSI UIN.

Sudirman, S. A. (2015). Persepsi Pola Asuh Islami. National Conference on Islamic Psychology, (p. 6). Yogyakarta.

Wardani, D. S. (2009, Mei). Strategi Coping Orang tua menghadapi Anak Autis. Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi , 11(1), 26-35.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




(C) 2015 Fakultas Psikologi UHAMKA

 JIPP Stats