PENGEMBANGAN KOMPETENSI REFLEKSI PENDIDIK ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENULIS

  • Subhan El Hafiz Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas program pelatihan yang dilakukan dengan tujuan meningkatkan kompetensi pendidik di PAUD melalui proses pelatihan menulis yang berupaya mendorong partisipan berlajar dari pengalaman. Adapun partisipan penelitian berjumlah 11 orang yang berasal dari 3 (tiga) PAUD di sekitar Ciputat, Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah action research berupa kegiatan dilakukan dengan beberapa rangkaian kegiatan pelatihan yang dibungkus dengan kegiatan pelatihan menulis dimana setiap pendidik diminta untuk menuliskan pengalamannya dan menjelaskan hal apa yang dipelajari dari pengalaman tersebut. Hasilnya para pendidik yang terlibat dalam kegiatan ini mampu didorong untuk terus mengembangkan dirinya dengan belajar dari pengalamannya sendiri.Kata Kunci: Pengalaman, Menulis, PAUD

References

Bisschoff, T., & Grobler, B. (1998). The management of teacher competence. Journal of in-service Education, 24(2), 191-211.
Brydon-Miller, M., Greenwood, D., & Maguire, P. (2003). Why action research?. Action research, 1(1), 9-28.
Johnson, D. W., & Johnson, F. P. (2006). Joining together: Group theory and group skills . Prentice-Hall, Inc.
Oskamp, S. & Schultz, P.W. (1998). Applied social psychology. Prentice Hall.
Published
2017-03-14
Section
Articles