Metode “Analisa Tafsir” dalam Rangka Membangun Teori Psikologi dari Integrasi Epistemologi

  • Lila Pratiwi
  • Subhan El Hafiz

Abstract

Integrasi Psikologi dan Nilai Islam terus dilakukan dengan berbagai metode yang relevan. Dalam hal ini, integrasi dari aspek epistemologi menjadi tantangan perkembangan Psikologi yang terintegrasi dengan nilai Islam. Tulisan ini memaparkan bagaimana metode Analisa Tafsir dapat menjadi salah satu pendekatan metodologi untuk membangun teori Psikologi yang terintegrasi dengan nilai Islam dari aspek epitemologi. Konsep Islam yang coba dibangun menjadi konstruk Psikologi adalah Konsep Sabar yang dianalisa menggunakan metode analisa tafsir. Adapun tahapan penelitian menggunakan metode ini dimulai dengan pengumpulan pra-data, pengumpulan data, analisa data (koding dan kategorisasi), serta formulasi konstruk. Berdasarkan kajian pada konstruk Sabar hasil kajian menggunakan metode Analisa Tafsir, jika dibandingkan dengan konstruk lain yang sejenis, terdapat perbedaan yang cukup signifikan konsep sabar tersebut dengan lainnya. Hasil ini juga menunjukkan bahwa metode ini dapat digunakan pada banyak konsep Islam lain atau konsep yang sama dengan data yang lain dapat menghasilkan konstruk yang berbeda namun memperkaya khazanah ilmu Psikologi yang terintegrasi dengan nilai Islam dari aspek epitemologi.Kata Kunci: Integrasi Epistemologi, Metode Analisa Tafsir, Konstruk Psikologi

References

Budiharto, S., & Himam, F. (2006). Konstruk Teoritis dan Pengukuran Kepemimpinan Profetik. Jurnal Psikologi, 33(2), 133-145.
Carver, C.S., Weintraub, J.K., Scheier, M.F., (1989). Assessing Coping Strategies: A Theoritical Based Approach. Journal of Personality and Social Psychology. Vol. 56. No. 2. Hal. 267-283.
Chizanah, L. dan Hadjam, M. N. R. (2011). Validitas Konstruk Ikhlas: Analisis Faktor Eksploratori terhadap Instrumen Skala Ikhlas. Jurnal Psikologi, 38(2), 199-214.
El Hafiz, S. Mundzir, I., Pratiwi, L., Rozi, F., (2013). Sabar (Patience) as New Psychological Construct. The 10th Biennial Conference of Asian Association of Social Psychology, Yogyakarta. 21-24 Agustus 2013.
Schnitker, S.A., (2010). An Exemination of Patience and Well-Being. Proquest Disertation and Theses (PQDT). University of California.
Subandi. (2011). Sabar: Sebuah Konsep Psikologi. Jurnal Psikologi. Vol. 38, No. 2. Desember 2011. Hal. 215-227
How to Cite
Pratiwi, L., & El Hafiz, S. (11). Metode “Analisa Tafsir” dalam Rangka Membangun Teori Psikologi dari Integrasi Epistemologi. Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi: Kajian Empiris & Non-Empiris, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.22236/JIPP-8